Rabu, 21 Maret 2018


Berdasarkan pada tujuan ma’had Jami’ah, maka program kegiatan ma’had yang dilaksanakan adalah:
a.    Kajian kitab-kitab Islam salaf dan khalaf terutama yang banyak terkait dengan kurikulum STAI Al Fithrah seperti di bidang:
1)   Al Qur’an, Tafsir dan Hadits
2)   Fiqh dan Ushul Fiqh
3)   Aqidah Akhlak dan Tasawuf
b.    Pembentukan lingkungan berbahasa Arab dan bahasa Inggris secara intensif dan kreatif.
c.    Penelitian dan pengkajian pemikiran-pemikiran keagamaan klasik dan kontemporer.
d.   Diskusi-diskusi dan seminar sosialisasi keagamaan.
e.    Pengkondisian pertumbuhan tradisi Islami yang dinamik dan produktif.
f.     Kehidupan bermasyarakat melalui organisasi.
Dalam proses pendidikan di Ma’had Jami’ah, terdapat beberapa kegiatan pembelajaran yang rutin dilaksanakan (kurikuler) dan ada beberapa kegiatan pembelajaran yang diluar rutinitas (ekstrakurikuler). Kegiatan kurikuler berupa perkuliahan yang dimulai sejak pagi hingga sore hari dan diskusi (musyawarah) yang dilakukan pada malam hari. Perkuliahan pagi hingga sore hari dibina langsung oleh para dosen dan masyayikh, sedangkan diskusi pada malam hari didampingi oleh tim musyrif. Kegiatan perkuliahan di pagi hingga sore hari dilakukan untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan dalam kurikulum dan silabus. Sementara diskusi pada malam hari merupakan penguatan terhadap materi yang telah disampaikan dosen atau masyayikh di pagi hari.
Kegiatan ekstrakurikuler berupa diskusi dan kajian-kajian yang kemudian diterbitkan menjadi sebuah majalah atau bulletin. Diskusi dan kajian yang dilakukan di Ma’had Jami’ah sebagai kegiatan ekstra kurikuler diterbitkan menjadi sebuah majalah bulanan yang diberi nama BAF (Bulletin Al Fithrah).
Selain berbentuk kajian sebagaimana di atas, kegiatan ekstra kurikuler lainnya adalah pelatihan-pelatihan dan seminar-seminar yang dihadiri oleh para pembicara tingkat nasional maupun dari Timur Tengah. Disamping itu, termasuk dalam kegiatan ekstra kurikuler ini adalah kegiatan Bahtsul Masail (MKPI), yakni forum diskusi untuk menyelesaikan masalah-masalah aktual dengan tetap mengacu pada referensi berupa kitab-kitab klasik.

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Pages

Mengenai Saya

Foto saya
Kedinding Lor 99, Surabaya, Indonesia

Recent Posts

Popular Posts

Blog Archive