Rabu, 21 Maret 2018


1.   Sasaran Santri
Santri ma’had STAI Al Fithrah adalah mahasiswa semester I-VI (tiga tahun). Mereka wajib tinggal di ma’had selama 3 tahun. Sehingga sarana ma’had akan dapat memadai dan para santri dapat belajar dengan tenang, damai dan hidup sehat.
2.    Aspek Teknis
Ma’had Jami’ah berada di lokasi Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah. Keadaan ma’had dilengkapi saranan penunjang seperti kamar mandi, ruang tamu, lantai jemur dan sarana lain seperti kantin tempat makan para santri, kopma, kantor ma’had, lapangan olah raga dan sarana penunjang lainnya.
3.   Manajemen Operasional
Pada aspek manajemen operasional dikonsentrasikan pada pengelolaan ma’had untuk mendukung kelancaran kegiatan proases akademik. Manajemen ma’had ditata melalui pemberuntukan Struktur Organisasi Ma’had.
4.    Sarana dan Prasarana
a.    Kebersihan
Taman dan lokasi luar lokal dibersihkan oleh tenaga khusus sedangkan lokasi unit kamar dan kamar mandi dibersihkan oleh santri.
b.    Layanan umum
Untuk mempermudah layanan makan santri, maka ma’had mengusahakan kantin di dalam ma’had dengan harga yang sesuai, sehingga para santri tinggal makan sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Hal ini diharapkan agar para santri tidak sibuk memikirkan tentang kebutuhan makan sehingga mereka dapat belajar dan mengikuti kegiatan ma’had secara optimal.
c.    Layanan kesehatan
Untuk mengatasi kesehatan para santri, maka dibentuk divisi kesehatan yang bertugas membantu santri yang sakit untuk berobat, dan disediakan klinik di ma’had.
d.   Layanan keamanan
Tenaga keamanan wilayah ma’had diamanatkan kepada tenaga khusus (satpam) ma’had, yang dibantu oleh pengurus santri dan piket santri.
e.    Layanan tamu
Setiap tamu disediakan tempat tersendiri untuk menemui santri.
f.     Layanan lain
Dalam hal-hal tertentu, khususnya pelayanan pengembangan potensi santri maka dibentuk divisi-divisi untuk memberikan layanan santri sesuai dengan kebutuhannya. Dan hal ini dapat dilihat dalam pengembangan struktur kepengurusan santri.

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Pages

Mengenai Saya

Foto saya
Kedinding Lor 99, Surabaya, Indonesia

Recent Posts

Popular Posts

Blog Archive