1. Sasaran Santri
Santri
ma’had STAI Al Fithrah
adalah mahasiswa semester I-VI (tiga tahun). Mereka wajib tinggal di ma’had selama 3 tahun. Sehingga sarana
ma’had akan dapat memadai dan para santri dapat belajar dengan tenang, damai
dan hidup sehat.
2.
Aspek Teknis
Ma’had
Jami’ah berada di lokasi Pondok
Pesantren Assalafi Al Fithrah. Keadaan ma’had dilengkapi saranan penunjang seperti kamar mandi,
ruang tamu, lantai jemur dan sarana lain seperti kantin tempat makan para
santri, kopma, kantor ma’had, lapangan olah raga dan sarana penunjang
lainnya.
3. Manajemen Operasional
Pada
aspek manajemen operasional dikonsentrasikan pada pengelolaan ma’had untuk
mendukung kelancaran kegiatan proases akademik. Manajemen ma’had ditata melalui
pemberuntukan Struktur Organisasi Ma’had.
4.
Sarana dan Prasarana
a.
Kebersihan
Taman
dan lokasi luar lokal dibersihkan oleh tenaga khusus sedangkan lokasi unit
kamar dan kamar mandi dibersihkan oleh santri.
b.
Layanan umum
Untuk
mempermudah layanan makan santri, maka ma’had mengusahakan kantin di dalam ma’had
dengan harga yang sesuai, sehingga para santri tinggal makan sesuai dengan
kebutuhan sehari-hari. Hal ini diharapkan agar para santri tidak sibuk
memikirkan tentang kebutuhan makan sehingga mereka dapat belajar dan mengikuti
kegiatan ma’had secara optimal.
c.
Layanan kesehatan
Untuk
mengatasi kesehatan para santri, maka dibentuk divisi kesehatan yang bertugas
membantu santri yang sakit untuk berobat, dan disediakan klinik di ma’had.
d.
Layanan keamanan
Tenaga
keamanan wilayah ma’had diamanatkan kepada tenaga khusus (satpam) ma’had, yang
dibantu oleh pengurus santri dan piket santri.
e.
Layanan tamu
Setiap
tamu disediakan tempat tersendiri untuk menemui santri.
f.
Layanan lain
Dalam
hal-hal tertentu, khususnya pelayanan pengembangan potensi santri maka dibentuk
divisi-divisi untuk memberikan layanan santri sesuai dengan kebutuhannya. Dan
hal ini dapat dilihat dalam pengembangan struktur kepengurusan santri.
0 komentar:
Posting Komentar